Cara Membuat Kerupuk Udang Khas Cirebon


Pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai cara mudah membuat krupuk udang khas Cirebon, karena saya sendiri memang asli dari cirebon hehe… kenapa saya pilih cirebon?? selain kota tempat saya di lahirkan, ada kekayaan alam yang khas sekali di cirebon yaitu kekayan lautnya berupa limpahan udang salah satunya, selain kekayaan alam lainnya yang ada di kota yang diberi julukan kota udang ini.

Sebagai langkah awal pastinya kita harus mempersiapkan bahan – bahannya dulu, apa saja bahan yang diperlukan dalam pembuatan kerupuk udang khas cirebon ini?? cukup mudah kok yaitu :

1. Tepung tapioka/pati ubi                              : 2 ½ kg

2. Tepung terigu                                                   : 2 ½  kg

3. Udang yang sudah dibuang kepala

dan kulitnya                                                            :     1  kg

4. Garam dapur                                                      :    2  ons

5. Air bersih                                                            :    10 liter

6. Bawang putih                                                     :     ½ ons

7. Moto/vetsin                                                      :     ½ ons

8. Bleng                                                                    :      1 ons

Cara membuatnya gampang kok yaitu :

1.   Garam dapur dan bawang putih dihaluskan dengan jalan ditumbuk yang halus.

2.  Udang yang sudah dibuang kepala dan kulitnya dicuci yang bersih terus ditumbuk bersama dengan tumbukan bawang putih dan garam tadi sampai halus betul.

3.  Ramuan b diatas, moto/vetsin dan bleng dijadikan satu kemudian dicampur dengan air 10 liter sampai semuanya benar – benar larut.

4.  Tepung tapioka/pati ubi dan tepung terigu dijadikan satu kemudian dicampur dengan larutan c. Caranya adonan tersebut diaduk – aduk dengan tangan sambil diremas – remas terus ( tentunya tangan harus bersih ya… hehe… ) barangkali ada tepung tapioka/pati ubi atau tepung terigu yang belum hancur.

5.  Adonan tersebut dimasukkan kedalam kantong plastik yang tebal ( plastik ukuran ¼ kg ) kemudian diikat yang kuat dengan karet, kalau sudah terkumpul banyak terus direbus dengan air mendidih kurang lebih 1½ jam.

Sesudah matang kita tiriskan dan kupas plastiknya (ket: misalnya kita mengupasnya sore, paginya sudah dapat diiris – iris. Atau kalau mengupasnya pagi, bahan kerupuk yang sudah matang tadi kita jemur sebentar kurang lebih ½ hari menjemurnya dan dibolak – balik supaya tidak berair ( keset ).

6.  Kemudian yang terakhir kita iris – iris tipis dengan pisau yang tipis dan tajam lalu dijemur samapi benar – benar kering. Kalau akan diperdagangkan masukkan kedalam plastik dipasangi label menurut selera atau kebutuhan.

Kerupuk udang yang dikerjakan diatas tadi adalah termasuk yang paling enak ( nomor 1 ) Kalau ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar kita membuat kualitas krupuk yang diperdagangkannya yaitu yang berkualitas nomor 2 dengan resep seperti diatas hanya tidak usah ditambah dengan udang karena tanpa memakai udangpun rasanya sudah enak karena bawang putih dan moto/vetsinnya juga sudah membuat kerupuk terasa sedap dan gurih.

Demikian cara membuat kerupuk udang khas cirebon, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca web saya ini dan bisa dijadikan bahan untuk membuat usaha sendiri atau home industri khususnya dari bahan yang khas dari cirebon. Pada postingan berikutnya akan saya bahas lebih banyak lagi tentang home industri yang lainnya, semoga bermanfaat. Salam kenal dari penulis : Isa “Mahesa” Maulana.

About these ads

36 Balasan ke Cara Membuat Kerupuk Udang Khas Cirebon

  1. SasaLover mengatakan:

    Itu tuk resep yg KW ny kok ga pake udang Kang?itu ap rasanya mirip klo minus udangnya?tolong dimuat jg resep kerupuk Udang KW Ny spy bs buat perbandingannya?trs buat penganti blengnya selain soda kue ad yg laen ga?Thx

  2. syamsudin ahmad mengatakan:

    kalau bleng bukan borak, apa berarti bleng itu sama dengan pijer ta kang ?

  3. Aziz mengatakan:

    Lezat sekali kerupuk udang cirebon ini, makasih panduan dan resepnya.

  4. Ana mengatakan:

    Bermanfaat…namun proses merebus dgn plastik2xnya ini yg saya khawatir, plastic softner nya terserap ke kerupuk itu. dari hasil research saya. bahan pembuat plastik bilamasuk ketubuh kita…paling sensitif pengaruh kerusakan sel2x reproduksi. blm carcinogen yg lain. duh perlu diteliti kalau gituh kadar phthalates ester di kerupuk yg beredar di indonesia. maaf saya tertuntut untuk memberi wacana ini.

  5. Badrus ponorogo mengatakan:

    Salam sbelumx,,,maz itu krupok klau tidak pakek bleng dpat kah,klau dpat berapa masa konsumsi krupok.thank,
    wassalam.

  6. Reni mengatakan:

    Bleng sama dengan borax bahan pengawet kayu. Penggunaanya sudah dilarang karena berbahaya untuk kesehatan. Bleng bisa diganti dengan karagenan (ekstrak rumput laut dari jenis Eucheuma cottoni).

  7. anisa mengatakan:

    udah dicoba resepnya tp kok…Gagal Total,ya? mo nanya, itu resep sdh diuji apa belom? atau… hanya copy-paste aja???

  8. cici mengatakan:

    Tanggapan buat P Eko….benar saya setuju….bleng itu ada yg putih yg kuning juga ada (puli) yg biasa utk membuat kerupuk…awas itu berbahaya….sering keluar di Trans tv Sabtu jam 17.15….utk mengganti bleng bisa dg soda kue ( bahan utk makanan) tentunya dg aturan tertentu,
    Dan mohon maaf utk KANGISA yg punya blog tp bolehkan kita berbagi informasi….

  9. eko mengatakan:

    salam, mohon jangan pakai bleng/puli karena itu nama lain dari BORAX bahan kimia yg tidak diperuntukkan bagi manusia….bisa merusak hati,pankreas dll

  10. Maya hariono mengatakan:

    Makasih ea kang tas info’y v klo resep’y ditambah ketumbar kira”enak gak yach ?
    Thank’s…..lamken ea !

  11. arif mengatakan:

    saya udah coba bikin tanpa bleng tapi kerupuk gk mengembang. nama lain bleng itu apa ya? soalnya di patrol indramayu toko kue gk ada yang ngerti bleng

  12. Trim's ya resep krupuk udangnya Dari ; DEDE HARYANTO di JL. Saturnur no. 14 lobumta mengatakan:

    Trim’s ya resepnya . Krupuknya enak rasanya lo.

  13. jimmy mengatakan:

    Dari resep diatas,bisa menghasilkan berapa kilogram kerupuk(barang yang sudah siap di konsumsi)
    Terima kasih

  14. parid mengatakan:

    kang tlng sing lengkp soale isun arp ush ning klmtan. kswun infoe.

  15. etna kusmardani mengatakan:

    kalo ingin buat ukuran yg kecil2 bulat seperti kerupuk kancing,ngrebusnya pake kemasan apa mas?

  16. Kontraktor mengatakan:

    wah mantap nih infonya…
    thx yah…

    salam kenal..

  17. totosugito mengatakan:

    trimakasih atas resep krupuknya,tp setahu saya bahan bleng sudah dilarang pemerintah untuk dijadikan bahan dasar makanan karena tidak baik buat tubuh kita. trimakasih.

  18. Rumah mengatakan:

    kerpuk Udang Cirebon ^_^
    mantaf dah ..

    mksh infonya …

  19. joudy mengatakan:

    bang apa krupuknya nga pke gula?

  20. joudy mengatakan:

    mas apa resep ini tidak menggunakan telur,bawang merah,n daun bawang sma seperti resep kerupuk yang lainnya?
    thanks

  21. tateta palphazines mengatakan:

    waaaahhh oke jg niiiii…
    nnti aku cobaa,, thanksss..

  22. Krisna Shop mengatakan:

    Wahh kerupuk udang Cirebon…. saya kyknya belom pernah makan nih.. :razz:

    Salam kenal yah Kang :Razz:

  23. arnika mengatakan:

    kl udangnya diganti ma le2 ato tengiri ato kepiting kr2 bs g?kl dipak biasanya tahan nyampe berapa lama?

  24. Anex curut mengatakan:

    wah kayanya boleh juga ni dicoba resepnya.hehhehe
    thank infonya kang.

  25. juhadi mengatakan:

    kl ditempatku bleng itu untuk bikin legendar(krupuk dari nasi)

  26. mamae sheshe mengatakan:

    kang, lamun bleng kuen dudu borak tah?
    trus resepe pada bli lamun nganggone daging kepiting?

    btw, tenkyu pisan resepe.

    • kangisa mengatakan:

      Salam blogger dulu nih mamae sheshe… :D Terima kasih dah mampir…
      Kalo bleng itu bukan borak, tapi semacam bahan seperti tepung yang bisa di beli di toko bahan kue… aman kok untuk di konsumsi… saya juga sedang mencoba didaerah saya, kalo mamae sheshe ke cirebon bisa mampir di toko saya… sekalian promosi lah hehehe… :D

  27. ocekojiro mengatakan:

    Waaa… Ini die nih kesukaan ane, Ntar kalo ane dah jadi boss kerupuk, ane mampir deeh pake Jaguar baru he he he…

  28. TUKIRSO mengatakan:

    terimakasih atas informasinya Insyaalloh akan saya coba semoga
    dapat bermanfaat . dan dapat menjadi nilai tambah, peluang bisnis
    bagi saya sekeluarga dan masyarakat sekitar, amin .

    • kangisa mengatakan:

      Amin… terima kasih mas tukirso dah meluangkan waktunya mampir di blog saya… semoga bermanfaat dan sukses dalam bisnisnya amin… salam kenal ya… :D

  29. Zupriyadie Lee Bond mengatakan:

    kang nyobian atuh, bawakeun nya mun tos ngadamel

  30. ani mengatakan:

    bleng buat apa ya ? Kalau vetsin kan agar gurih. Apakah bleng bahan kimia yang aman untuk dikonsumsi ?

    • kangisa mengatakan:

      Bleng itu bahan pengembang mba, biasanya buat kue… ya semacam hunkue lah…aman kok untuk di konsumsi… trma ksh dah mampir ke web blog saya… :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: